www.luhakkepenuhan.com Silsilah Keturunan Tuan Guru Syekh Abbas Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan

Silsilah Keturunan Tuan Guru Syekh Abbas Kota Tengah, Kecamatan Kepenuhan


Lahir      : Tahun 188O M
Wafat     : Tahun 1951 M

Tuan guru Syekh Abbas mempunyai empat orang isteri, Nama-nama isteri beliau adalah sebagai berikut :

  1. Mahlio (Gontiang Mutan Kepenuhan) - Anaknya satu orang, bernama Khalifah A. Kholid,
  2. Tunda (Kota Tengah) - Anaknya bernama Maryam, Someh, dan Syekh Maksum,
  3. Fatimah (Malaka Malaysia) - Anaknya bernama H. Abdullah Afifuddin, Zainab, Aisah , dan Asnah
  4. Bintang (Babussalam Kepenuhan) - Anaknya bernama Halimah, Rahman, Khalifah Mudo, dan Khalifah Sulaiman

Ketika menulis risalah ini (2005) anak tuan guru Syekh Abbas yang masih hidup hanya tinggal dua orang, yaitu Aisah suaminya almarhum Penghulu Oegok, tinggal di Pekanbaru dan Asnah, suaminya Ruslan, tinggal di Pekanbaru.


Adapun jumlah cucunya pada tahun 2005 sebanyak 76 yakni sebagai berikut :

  1. Khalifah A. Kholid, dengan isterinya Mato, Kota Tengah, tidak ada mempunyai anak. Dengan isterinya Dibo, di Surau Munai (Rambah Hilir memperoleh seorang anak, yaitu Nurhayati. Dengan isterinya Aminah, di Surau Tinggi (Rambah Hilir memperoleh seorang anak, yaitu Saripah. Dengan isterinya Likah, di Tulang Gajah (Rambah memperoleh seorang anak, yaitu Samroh.
  2. Syekh Maksum (Arsyad), Dengan Isterinya Hj. Morub, di Kota Tengah, memperoleh 16 orang anak, yaitu Muhammad Soleh, M. Nasir, Rusnidar, Zainal Abidin, Maisul, Sapri, Dahniar, Mahyudin, Sarkawi, Umi Salamah, Umi Kalsum, Fahrudin, Akhirudin, Muhammad, Murni, dan Ashari Nurdin.
  3. H. Abdullah Afifuddin, Dengan Isterinya Hj. Saripah, di Kota Tengah, memperoleh delapan orang anak, yaitu Neng Zulfah, Umiyati, Yusmiati, Amdanis, Misda, Asril, Asrul, Asriani, Syafrida, Sofia, dan Hanafi.
  4. Khalifah Mudo (Muhammad Nur), Dengan Isterinya Hj. Patomah, di Kota Tengah, memperoleh delapan orang anak, yaitu Hj. Siti Hawa,  Mustafa kamal. (Penulis Risalah ini), Nurasiah, Siti Aisah, Alimi, Muslim, Ansori, dan Juaria.
  5. Khalifah Sulaiman, Dengan Isterinya Badariah, di Kota Tengah, memperoleh enam orang anak, yaitu Aminah, Ismail, Erdawati, Utet, Rodiah, dan Susi


Adapun anak-anak perempuan Syekh Abbas yang berjumlah tujuh orang itu mempunyai anak, yakni sebagai berikut :

  1. Maryam, Dengan Suaminya H. Zakaria di Kota Tengah memperoleh dua orang anak, yaitu Ripai dan Edy Elyas.
  2. Someh, Dengan Suaminya Khalifah Husin di Kota Tengah tidak mempunyai anak.
  3. Halimah, Dengan suaminya Ismail di Ujung Gurab (Rambah Hilir) memperoleh dua orang anak , yaitu Abdul Rahman dan Soleh. Dengan Suaminya Lobai Yahya (Dalu-dalu) memeproleh seorang anak, yaitu Muhammad Zen. Dengan suaminya Limin (Jawa) memeproleh seorang anak, yaitu Imas. Dengan Suaminya Tumin (Jawa) tidak mempunyai anak.
  4. Rahmah, Dengan Suaminya Penghulu Oegok (Kota Tengah) memperoleh dua orang anak, yaitu Bahteren dan Hindun.
  5. Zainab, Dengan Suaminya Ramli, bergelar Datuk Bendahara Sakti (Kota Tengah) memperoleh sembilan orang anak, yaitu Rizna, Upik, Suherman, Darmawati, Surahman, Rusneli, Lilis Suryani, Rawati, dan Zainudin.
  6. Aisah, Dengan suaminya penghulu Oegok (Kota Tengah) memperoleh enam orang anak, yaitu Zamzamah, Yunan Syafril, Nurbaiti, Firdaus, Marzuki, dan Indra.
  7. Asnah, Dengan suaminya Ruslan (Pasir Pengaraian) memperoleh sembilan orang anak, yaitu Rusnaldi, Roslita, Amriza. Afrizal, Eva Susanti, Haryanti, Hermelina, dan Ernida Dewi.