www.luhakkepenuhan.com Sejarah Adat Istiadat Masyarakat Kepenuhan

Sejarah Adat Istiadat Masyarakat Kepenuhan

Buku ini menguak kembali apa yang dikatakan pepatah adat " membangkitkan batang terendam ". Artinya, membangkitkan nilai budaya kita orang Melayu yang terkenal santun dan mempunyai tradisi bermuatan nilai etika dan estetika yang tinggi, yang bertamaddun, dan bersandarkan pada Al quran dan Hadist.

Nilai budaya ini secara substansial sangat relevan bila kembali diimplimentasikan sebagai acuan dalam menata kehidupan bersosial dan bermasyarakat.

Bupati Rokan Hulu,
Drs. H. Achmad, M.Si


Buku yang berjudul Sejarah dan Adat Istiadat Masyarakat Kepenuhan ini merupakan karya brillian yang patut kita beri apresiasi karena isinya cukup mencerminkan khasanah budaya yang ada pada salah satu luhak di Kabupaten Rokan Hulu.

Jauh dari awal, buku ini sarat makna positif yang dapat kembali mengangkat nilai adat yang selama ini terselubung dibalik kemajuan era teknologi saat ini.

Sebenarnya,mau tidak mau secara substansial adat merupakan norma yang setiap hari kita jalani di tengah kehidupan bermasyarakat.

Mulai dari kita bangun hingga tidur kembali, secara normatif telah kita laksanakan, namun kita melaksanakan adat masih tidak secara menyeluruh, hanya memakainya setengah setengah.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
Kabupaten Rokan Hulu
Teddy Mirza Dal


Dalam buku ini terungkap betapa bijaknya para leluhur kita terdahulu dalam membuat aturan guna mengatur tatanan hidup mereka sehari hari.

Tidak ada kusut yang tidak teruraikan, tak ada keruh yang tak terjernihkan, inilah pepatah adat orang tua terdahulu dalam membuat tata aturan.

Mereka sangat menjunjung tinggi norma yang telah mereka sepakati sebagai role of life, sehingga secara damai mereka dapat menjalankan kehidupan sehari hari.

Dengan tersusunnya lembaran lembaran ini menjadi sebuah buku maka kiranya kita perlu membaca buku ini agar mengenal bagaimana bagusnya dahulu tatanan adat yang mengatur kehidupan nenek moyang kita.


Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan
Kabupaten Rokan Hulu
Yusrina