www.luhakkepenuhan.com Luhak Kepenuhan Dalam Bingkai Berita, Antara Konsep, Agenda dan Realita Untuk Indonesia

Luhak Kepenuhan Dalam Bingkai Berita, Antara Konsep, Agenda dan Realita Untuk Indonesia

Sebagai salah satu wilayah di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, sejak diberlakunya Otonomi Daerah semenjak tahun 1999, Luhak Kepenuhan (Kecamatan Kepenuhan dan Kecamatan Kepenuhan Hulu) banyak mengalami kemajuan. Namun berbagai problematika masih banyak membayanginya, baik konsekuensi dari berbagai perubahan yang ada, atau memang sudah terjadi sejak lama di Luhak Kepenuhan.

Hal tersebut kemudian menjadi sorotan berbagai media massa, cetak, elektronik, maupun media online. Agar berbagai pemberitaan - sejak september 2009 hingga 2014 (diterbitkannya buku ini-tidak hilang atau tercecer "berserakan" dipuluhan media massa seiring berlalunya waktu maka dianggap penting kembali melacaknya satu persatu, kemudian dihimpun menjadi sebuah buuku yang berjudul : Luhak Kepenuhan Dalam Bingkai Berita (Antara Konsep, Agenda dan Realita) Untuk Indonesia).

Kita sering takjub ketika menyaksikan kindahan suatu daerah. Namun rasa tersebut tidak berlanjut pada perenungan, berpikir, apalagi muncul niat untuk mewujudkannya terhadap daerah sendiri. Kehadiran buku ini adalah salah satu apresiasi dalam upaya memajukan Luhak Kepenuhan. Berbagai permasalahan di Luhak Kepenuhan semestinya menjadi tanggungjawab dan perhatian  semua pihak. Ino Awak Siapo Le (kalau bukan kita siapa lagi).

Sering kita ucapkan, pada hal secara filosofis mengandung makna bahwa semua elemen masyarakat bertanggungjawab untuk terus mau berbuat, sekecl apapun bentuknya, untuk memperbaiki atau menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada tanpa harus saling menunggu pihak lain untuk mulai melakukannya.

Dengan diterbitkannya buku ini, selain agar jejak peristiwa sejarah yang terjadi di Luhak Kepenuhan dapat terlacak dengan mudah, buku ini juga diharapkan bermanfaat bagi kalangan intelektual, aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), akademisi, generasi muda, masyarakat, penggiat media massa, khusus bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, serta Pemerintah Provinsi Riau dan NKRI yakni perhatian pemerintah Pusat, sesuai dengan kapasitasnya masing masing.

Dengan demikian, atas partisipasi semua pihak pada akhirnya berujung pada upaya mewujudkan gagasan besar yakni menatap masa depan Luhak Kepenuhan 2030, yakni adanya universitas (semangat dari umah kutab), Perpustakaan, rumah sakit, Islamic Centre, tempat wisata skala internasional dan adanya lapangan terbang di Luhak Kepenuhan.

Upaya mencari, mengkliping/ mengumpulkan dan menyusun pemberitaan tersebut bukanlah pekerjaan mudah. Secara seksama (Ilang dicai, Tokolamun dikokeh), diperlukan kepedulian, ketelatenan, keseriusan, kerja keras, pikiran, tenaga dan biaya yang cukup besar untuk sampai pada sebuah kesempurnaan.

Walaupun demikian, jika masih ada kelalaian dalam penyusunan ini terdapat beberapa pemberitaan yang belum terhimpun kami hanya bisa menyampaikan, Ino tomoek tolapak tangan ko, niupun kami tampungkan.


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,
Kabupaten Rokan Hulu.