www.luhakkepenuhan.com Selayang Pandang Luhak Kepenuhan

Selayang Pandang Luhak Kepenuhan

Dalam folder Luhak Kepenuhan ini ada 3 item yakni Pertama : Selayang Pandang, Kedua : Daftar isi buku yang berjudul : Sejarah dan Adat Istiadat Masyarakat Kepenuhan. dan Ketiga : isi web. Pada selayang pandang bahwa isi yang berkaitan dengan adat secara utuh di ambil langsung dari buku yang berjudul “Sejarah dan Adat Istiadat Masyarakat Kepenuhan “ Karya anak Jati Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT Ismail Hamkaz.  Pertama terbit pada tahun 1999, kemudian mengalami revisi akan isi buku, akhirnya terbitlah cetakan kedua pada tahun 2006, maka untuk mendapat bahan bacaan dan rujukan akan adat istiadat masyarakat adat Luhak Kepenuhan Negeri BERDAT, diambil dari buku ini untuk DISUGUHKAN  secara utuh sesuai dengan kemampuan kami di dalam web ini.

Buku ini juga menjadi rujukan untuk di pogang pakai ( pedoman ) oleh masyarakat adat Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT, karena tujuan dari penulisan buku ini adalah kesempurnaan akan nilai adat yang di Junjung tinggi DARI MASA KE MASA, Dimana selama ini adat hanya dapat kita dengar dari cerita dari mulut ke mulut, dengan adanya buku ini dapat menjadi pegangan dalam beradat dan beraktifitas, karna sudah ada tuntunannya.  lahirnya atau terbitnya buku “ Sejarah Adat Istiadat Masyarakat Kepenuhan “ ini membutuhkan waktu yang sangat luar biasa, yang dimulai dengan penelitian ( pencarian data ) selama 7 tahun lamanya. Setelah data di dapat lengkap, maka di lakukan kegiatan dengan nama Pengkajian Tombo Adat Luhak Kepenuhan tahun 1999 di Balai Adat Luhak Kepenuhan dengan peserta mulai dari Pucuk Suku Nan Sepuluh, Tungkek, Induk, Mato-mato buah poih, Anak komanakan, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh ibu-ibu, dan masyarakat pada umumnya, selama lebih 2 pekan lamanya, kegiatan ini dilaksanakan.

Pada acara ini juga kita menghadirkan Datuk H. Abdul Djalil (Alm) sebagai pembicara dan penggagas pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) tahun 1968. Al-hamdulillah, sampai acara usai dan buku pun pertama kali tentang adat luhak kepenuhan di terbitkan pada tahun 1999.

Dalam perkembangannya buku yang telah diterbitkan  pada tahun 1999 ini banyak menerima masukan, pendapat, kritikan, maka dilaksanakan kembali kegiatan Pengkajian Tombo Adat Luhak Kepenuhan tahun 2006 awal, dengan jenis  kegiatan sama dengan kegiatan yang dilaksanakan pada tahun 1999, maka pada 2006 itu pula buku ini diterbitkan kembali dengan judul yang sama dan diluncurkan di Balai Adat Luhak Kepenuhan.

Pada tahun 2006 Kecamatan induk Kecamatan Kepenuhan di mekarkan menjadi 2 Kecamatan yakni Kecamatan kepenuhan dan Kecamatan Kepenuhan Hulu. Sekalipun dimekarkan menjadi dua kecamatan namun pelaksanaan dan kegiatan adat tetap dibawah Luhak, yakni Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT dengan ketentuan dan azaz lazim yang berlaku.

Kedepan buku yang berjudul “Sejarah dan Adat Istiadat Masyarakat Kepenuhan” akan dilakukan kembali dilaksanakan  Pengkajian Tombo Adat ke III (saat ini sedang dilakukan Penelitian dan penulisan serta penyusunan kembali dalam kesempurnaan isi buku), sedangkan waktu pelaksanaan kegiatan akan kita sesuaikan dengan penyelesaian  penulisan untuk bahan pengkajian pada acara Pengkajian Tombo Adat Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT III.

Semoga apa yang kami sajikan ini, mendatangkan banyak manfaat dan faedah bukan hanya milik masyarakat Adat Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT namun juga untuk NKRI tercinta. Amin.