Home Gubernur dan Wakil Gubernur Riau WABAH CORONA : Warga Rentan Miskin Dibantu Pemprov

WABAH CORONA : Warga Rentan Miskin Dibantu Pemprov

86
WABAH CORONA :   Warga Rentan Miskin Dibantu Pemprov

 

RIAU | Sabtu, 11 April 2020 - 11:14 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, menyiapkan dana bantuan bagi warga rentan miskin di Riau akibat virus corona. Bantuan tersebut akan diberikan dalam bentuk uang tunai yakni sebesar Rp300 ribu per Kepala Keluarga (KK) dan juga sembako.

Gubernur Riau Drs H Syamsuar mengatakan, pihaknya memberikan bantuan kepada warga rentan miskin tersebut karena selama ini mereka tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Hal tersebut dikarenakan mereka tidak termasuk dalam kategori miskin.

"Karena adanya virus corona ini, masyarakat yang rentan miskin tersebut tidak dapat bekerja sehingga Pemprov Riau akan fokus pada kategori itu. Karena warga miskin sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, berdasarkan data yang pihaknya terima dari pemerintah kabupaten/kota se Riau. Jumlah warga yang rentan miskin ada sekitar 282 ribu KK. Jumlah tersebutlah yang nanti akan diberikan bantuan dari Pemprov Riau.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Riau dalam menyalurkan bantuan berupa uang tunai dan sembako tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kepala dinas sosial Riau Dahrius Husin mengatakan, untuk membantu mengurangi beban masyarakat kurang mampu atau miskin di Riau, Pemerintah provinsi Riau bekerjasama dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial memberikan bantuan berupa non tunai. Bantuan tersebut disalurkan melalui PKH dan bantuan pangan non tunai.

"Bantuan tersebut dibe­rikan kepada masyara­kat miskin, mereka bisa mendapatkan sembako di tempat-tempat yang sudah ditunjuk oleh pemerintah," katanya.

Untuk berapa jumlah masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut, menurut Dahrius, data tersebut yang memilikinya yakni pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten/kota di Riau. Pasalnya, yang melakukan pendataan adalah pemerintah kabupaten/kota yang kemudian diberikan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial.

"Kumpulan data dari kabupaten/kota di Riau itulah yang nantinya jadi data berapa masyarakat Riau yang akan menerima bantuan tersebut. Hal tersebut sesuai Undang-Undang no 13 tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin," jelasnya.

Peran pemerintah provinsi, lanjut Dahrius, yakni hanya melakukan pelatihan kepada para tenaga yang akan melakukan verifikasi terhadap calon penerima bantuan pemerintah tersebut. Jika nantinya dalam verifikasi itu calon penerima dianggap tidak miskin lagi, maka akan diganti dengan masyarakat lain yang lebih berhak menerimanya.

"Kalau ada usulan penerima bantuan yang baru, kami akan bantu fasilitasi ke Kementerian Sosial," sebutnya.

Dijelaskan Dahrius, jika bantuan yang diberikan pemerintah tersebut pada tahun lalu hanya bisa digunakan untuk membeli beras dan telur. Maka pada tahun ini bisa digunakan untuk membeli sembilan bahan pokok.

"Tapi boleh juga masyarakat memilih hanya tiga atau empat bahan pokok juga silahkan," katanya.(gem)

Laporan: Soleh Saputra (Pekanbaru)

 

Sumber : RIAUPOS.CO

 

- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Jadwal Sholat & Imsakiah 1441 H
Banner Waktu Sholat dan Imsakiyah 1441 H
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan