Home Dunia Anak Apa Sih Dunia Anak Itu?

Apa Sih Dunia Anak Itu?

234
Apa Sih Dunia Anak Itu?

 

12 Maret 2017    

Apasih dunia anak itu? Kenapa selalu ingin bermain? Kapan waktunya mereka belajar? Yuk mari kita cari tahu kenapa anak-anak selalu ingin bermain dan kapan waktu mereka untuk belajar?

Dunia anak adalah dunia bermain (playing of children). Bermain merupakan aktivitas utama yang dilakukan dalam kehidupan anak. Anak melakukan kegiatan bermain dengan sungguh-sugguh. Kerena bermain memberi kesenangan dan kebahagiaan dalam diri anak. Kegiatan bermain akan memberi manfaat positif untuk mengembangkan potensi anak, misalnya kecerdasan, bakat, kreativitas, keterampilan motoric (motoric skill), keterampilan bergaul (social skill), keterampilan komunikasi (communication skill), kegiatan bermain juga termasuk kegiatan belajar anak, jadi tidak perlu risau jika anak suka bermain, biarkan mereka berkembang, karena dunia mereka adalah dunia bermain

Bermain merupakan aktivitas internal yang menyenangkan, spontan dan didorong oleh diri anak-anak sendiri. Karakteristik dalam bermain ada 5 yaitu menyenangkan, spontan, proses, motivasi internal, imajinatif.

1. Menyenangkan

Setiap anak merasa senang untuk melakukan kegiatan bermain, bila anak disuruh memilih satu kegiatan di antara dua kegiatan seperti bermain dan belajar, maka anak cenderung akan memilih kegiatan bermain daripada belajar. Bermain menimbulkan rasa senang, mengatasi stress, ketegangan, kecemasan maupun kebosanan yang dialami oleh anak.

2. Spontan

Seorang bayi atau anak secara spontan akan melakukan kegiatan bermain yang dilakukan sendirian atau bersama orang lain, spontan merupakan sifat utama anak, mereka akan melakukan segala sesuatu dengan spontan tanpa ada paksaan dari orang tua atau orang lain.

3. Proses

Anak melakukan sesuatu kegiatan bermaib tidak didasarkan pada motif-motif tertentu, anak merasa tulus dalam melakukan kegiatan tersebut tanpa ada rasa pamrih, mereka sudah memperoleh rasa senang dan bahagia bila diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan bermain. Bermain merupakan kegiatan yang dapat menunjang perkembangan potensi-potensi dirinya, bermain juga sebagai proses pembelajaran bagi anak untuk mengembangkan intelektual, kreativitas, bakat, kemampuan bersosialisasi, keterampilan berkomunikasi, maupun kemampuan-kemampuan tertentu lainnya.

4. Motivasi Internal

Motivasi internal adalah motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri dan tidak dipengaruhi oleh orang lain. Anak melakukan kegiatan bermain didasari oleh motivasi yang berasal dari dalam diri sendiri. Anak melakukan kegiatan bermain tanpa dipaksa orang lain.

5. Imajinatif

Bermain merupakan kegiatan menyenangkan yang dilakukan oleh anak-anak yang diwarnai dengan pengembangan daya khayal untuk menciptakan kronologo cerita, kisah atau alur pemikiran tertentu sesuai dengan tahap usianya, kegiatan bermain apapun disertai dengan kemampuan imajinasi yang bertujuan untuk mengembangkan potensi intelektual, emosi, psikomotorik maupun keterampilan social. Masing-masing usia memiliki kerakteristik perkembangan imajinasi yang berbeda.

Semoga bermanfaat..

 

Sumber : Kompasiana

Fhoto : Internet

- Bertanjak -
Bertanjak
- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
UMKM Negeri Beradat
UMKM Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur

POPULER

Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan