Home Luhak Kepenuhan Bagi yang Belum Tahu " Defenisi LUHAK " Ini Dia

Bagi yang Belum Tahu " Defenisi LUHAK " Ini Dia

38,910
Bagi yang Belum Tahu " Defenisi LUHAK " Ini Dia

Defenisi LUHAK

DEFENISI LUHAK 

 

Pengertian Luhak menurut adat adalah suatu wilayah yang telah ditetapkan berdasarkan ketentuan adat, dan dalam ketentuan itu hanya dapat dipahami dan dimengerti berdasarkan adat sodiolamo, dimana adat tak lapuk oleh hujan dan tak lekang oleh panas, sampai kapanpun sudah menjadi hukum tetap dan tak dapat diubah dalam bentuk apapun. Luhak terdiri beberapa negeri yang membentuk kesatuan didalamnya.  

 

Kata luhak awalnya diambil dari bahasa daerah Rokan.Nama tersebut dikenal sejak zaman kerajaan dahulu kala. Luhak mengandung arti sama dengan kecamatan alau kewedanaan dalam istilah dahulu. Keberadaan seluruh adat yang terdapat di dalam suatu luhak menjadi milik/di bawah kekuasaan luhaknya.Karenanya sampai saat ini pemerintah tingkat kecamatan sangat menghormati keberadaan luhak dan selalu mengadakan konsultasi kepada pihak adat dalam pengambilan beberapa kebijakan pemerintahan.hal ini sebagai bukti bahwa peran luhak sangat dominan.

 

Luhak terdiri dari beberapa nogo'i dimana masing-masing nogo’i/ dipimpin oleh seorang penghulu serta mempunyai adat yang samasociok bak ayam sodonciang bak bosi, picak samo dilayangkan, bulek samo digulikkan, ko gunung samo mondaki, ko lurah samo monurun. Adat istiadat disatu luhak dengan adat di luhak yang lain terdapat perbedaan-perbedaan. Bak pepatah mengatakan lain lubuk lain ikannya, lain padang lain belalang. Dimana masing-masing luhak memiliki azam lazim masing-masing.

 

Luhak Kepenuhan merupakan salah satu daerah diantara empat Luhak lainnya di wilayah Kabupaten Rokan Hulu yaitu Luhak Rambah, Luhak Tambusai, Luhak Kunto dan Luhak Rokan sebelum akhirnya bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR1 ) pada taluin 1945. Masing-masing Luhak dulunya juga memiliki kerajaan, antara satu dengan yang lain saling berkaitan dan tak terpisahkan, dan dilengkapi dengan alim ulama sebagai pembawa dan penyeru agama dalam kehidupan. disinilahmuncul potatah potitih "Tigo tungku sojorangan, tali bopilin tigo". Bahwa diluhak ada tiga komponen pemimpin yang saling menguatkan satu dengan yang lainnya, Ulama sebagai penguat unsur agama, pemerintah sebagai wakil negara dan datuk sebagai wakil dari adat istiadat.Ketiga unsur ini tak terpisahkan,bak ibarat tungku bila satu tonggaknya patah maka tungku ini tak bisa difungsikan dengan baik.

 

Keberadaan lima Luhak di wilayah Rokan ini sudah tetap menjadi ketentuan hukum, sekalipun ada perkembangan dan perluasan atau pemekaran wilayah dalam suatu Luhak (pemekaran kecamatan). maka yang mekar tersebut hanyalah administrasi pemerintahannya saja. sedangkan wilayah adatnya tetap dalam koridor luhak yang sama. Sebagai misal, Datuk Bendahara sakti tetap satu dalam luhak yang terdiri dari beberapa kecamatan tersebut, sekalipun ada pemekaran wilayah berdasarkan Negara Kesatuan Repulik Indonesia, termasuk Gelar yang sudah ada dan para pejabat adat berjalan seperti biasanya dalam menajamkan aktivitas keadatan.

 

Secara struktural perangkat adat tetap akan mengacu kepada susunan dan tatanan luhak yang ada. Sosialisasi akan pentingnya adat ini sungguh mendapat perhatian khusus dari pejabat adat dan semua tingkatan "bojonjang naik, botanggo turun". rasa tanggungjawab inilah akan mengembalikan semangat yang selama ini sudah agak memudar. Tentunya bagi mereka yang dapat memahami adat dapat menyampaikan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dimiliki.Begitu pula halnya dengan keberadan dari kerajaan di Kepenuhan.

Sumber : Buku Agenda Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT

- Bertanjak -
Bertanjak
- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
UMKM Negeri Beradat
UMKM Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur

POPULER

Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan