Home Desa Rantau Binuang Sakti Legislator Minta Pemkab Rohul Serius Membangun Potensi Sejarah

Legislator Minta Pemkab Rohul Serius Membangun Potensi Sejarah

99
Legislator Minta Pemkab Rohul Serius Membangun Potensi Sejarah

 

Otonomi - rambe - Kamis, 24/04/2014 - 11:01:01 WIB

BERITA RIAU (ROKAN HULU), situsriau.com-Pemkab Rohul diminta bisa menseriusi pembangunan sejarah di Negeri Seribu Suluk, salah satu potensi itu yakni, sejarah Sultan Mohamad Dzainail Abidin,

usaha penyusunan dan penulisan sejarah perjuangan Sultan Mohamad Dzainal Abidin telah di laksanakn sejak awal tahun 2004 sampai mei 2006, padahal hasil penulisan telah di bahas dalam seminar tingkat kabupaten di Pasir Pengaraian, Ibukota Rokan Hulu Tanggal 28 Desember 2005 dan seminar tingkat Provinsi Riau di laksanakan di Pekanbaru tanggaal 30 Desember 2005.

Disampaikan Anggota DPRD Rohul dari Komisi III Ismail Hamkaz, SAg, MSi di Pasir Pangaraian, Kamis (24/4), proses selanjutnya diteruskan penyempurnaan berlangsung sampai pertengahan Mei 2006, pada bulan Juni 2006 buku tersebut bisa di selesaikan dengan judul sejarah perjuangan Sultan Mohamd Dzainal Abidin menentang koloniang Belanda di Rokan-Riau 1887-1916.

Penyusun dilakukan alm Drs. H. Ismail Suko diterbitkan pertama kali Badan Kesejahteraan Sosial (BKS) p
Provinsi Riau setebal 263 halaman.

Berdasarkan hasil penulisan tersebut perjuangan Sultan Mohamad Dzainal Abidin (1887- 916), berlangsung selama 29 tahun relatif memberikan makna bernilai heroik dan membangkitkan semangat kebangsaan perlu di teladani generasi penerus.

Juga diharapkan generasi penerus memiliki kesadaran sejarah mampu mempertahan dan mengisi NKRI supaya mencapai cita-cita diwujudkan dalam pembukaan UUD 1945, yakni masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila.

Seklias ulasan catatan dalam buku tersebut, Anggota DPRD Rohul ungkap Ismail selalu menggiatkan gerakan menjadikan Sultan Dzainal Abidin menjadi pahlawan nasional.

Pertanyan besar sekarang semenjak 2006 gerakan Pemkab Rohul menjadi beliau menkadi pahlawan nasional belum mendapat tanggapan serius dan konsisten dari penguasa saat ini, sudah saatnya Pemkab ini memberikan perhatian luar biasa hendak atas perjuangan anak jati Rohul atas kecintaan terhadap NKRI

Ungkap Ismail dengan nada kesal, saat ini masyarakat mendukung menjadikan beliau menjadi pahlawan nasional, seharusnya Pemkab dapat memfungsikan kekuatan dukungan yang luar biasa ini untuk berbuat nyata dan konkrit sampai pahlawan nasional.

Jika dilihat dari fakta sejarah dan bukti sejarah hanya melangkah dari hasil buku yang telah diperjuangkan tokoh-tokoh Rohul sebelum ini, hanya kita mempertanyakan nawaitu Pemkab Rohul, jika juga tidak ada gerakan, yang bisa kita ucapkan Na'uzubillahi mindzalik, rakyat dan masyarakat mendukung upaya-upaya yang dilakukan tanpa ada kepentingan selain menjadi Sultan Dzainal Abidin menjadi pahlawan nasional, saya menghimbau dan mengajak, baik pemkab-tokoh-tokoh dan pemuk , mahasiswa dan rakyat pada umumnya untuk menyatukan visi menjadikan beliau pahlawan nasional.

Kepada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rohul yang membidangi pengusulan ini, hendaknya di tahun 2014 ini mulai dengan bismillah serta niat karena Allah untuk memulai langkah mulia dan bermarwah serta jadi diri menghantarkan Sultan Dzainal Mohammad Abidin menjadi pahlawan nasional.

" Saya yakin dan percaya masyarakat akan satu sikap mendukung akan rencana maha besar dan mulia ini. Semoga, info dari Kadisnakertrans Rohul bulan ini akan di bicarakan kembali tentang Sultan Dzainal Abidin, kini dinas terkait sudah memperbanyak buku yang dimaksud untuk dibahas kembali " ujarnya

Untuk memulai langkah ini di media sosial face book (fb) sudah membuat konten khusus yakni dengan nama Sultan Mohamad Dzainal Abidin (ini nama fb nya) dan saat inipun sedang menyiapkan website khusus tentang sejarah dan perjuangannya dapat diperkirakan akhir bulan Mei mendatang sudah bisa di luncurkan, sebagai upaya serta dukungan rakyat Rohul menjadikan beliau menjadi pahlawan nasional.

Kegiatan ini sudah izin dan mendapatkan restu atau persetujuan dari Kadisnakertraan, sekaligus menjabat Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohul.(pal)

- Bertanjak -
Bertanjak
- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
UMKM Negeri Beradat
UMKM Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur

POPULER

Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan