Home Gubernur dan Wakil Gubernur Riau PELEPASAN JCH KLOTER I RIAU Gubri Minta Doakan Keselamatan Riau RIAU

PELEPASAN JCH KLOTER I RIAU Gubri Minta Doakan Keselamatan Riau RIAU

111
PELEPASAN JCH KLOTER I RIAU Gubri Minta Doakan Keselamatan Riau RIAU

Gubernur Riau Syamsuar melepas keberangkatan jemaah calon haji (JCH) Kloter I Riau dari Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau, Sabtu (18/6/2022). (DISKOMINFOTIK RIAU UNTUK RIAU POS)

 Minggu, 19 Juni 2022 - 09:22 WIB

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Gubernur Riau (Gubri) melepas 54 jemaah calon haji (JCH) Kloter I  Riau yang tergabung dalam Kloter 04 BTH, Sabtu (18/6) di Aula Keberangkatan Embarkasi haji Antara (EHA) Riau. Dalam sambutannya, Gubri berpesan agar para JCH melaksanakan ibadah haji dengan ikhlas dan memelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna.

“Kami berpesan kepada JCH Riau agar senantiasa tingkatkan semangat ibadah haji dengan ikhlas, mengurangi perasaan dan perbuatan yang dapat me­ngu­rangi nilai kesempurnaan ibadah haji. Selanjutnya jangan lupa menjaga kesehatan," katanya.

 Lebih lanjut Syamsuar mengatakan, jemaah haji merupakan duta bangsa. Maka junjung tinggi martabat bangsa serta berdoa untuk diri sendiri dan negara, khususnya Provinsi Riau. “Bapak dan ibu adalah duta bangsa. Oleh karena itu, junjung tinggilah martabat bangsa, dengan bertingkah yang sopan, tertib, berlapang dada. Kiranya bapak/ibu dapat berdoa memohon kepada Allah SWT di tempat- tempat yang mustajab untuk keselamatan dan kebahagiaan diri, keluarga masing- masing serta para pemimpin bangsa," ujarnya.

 Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi  yang juga merupakan Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Riau, Mahyudin melaporkan bahwa Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau akan memberangkatkan JCH sebanyak 2.320 orang yang tergabung kedalam 7 Kloter yang berasal dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau. “Khusus JCH Kloter 4 BTH/Kloter 1 EHA Provinsi Riau asal Kabupaten Kampar yang berjumlah 55 orang terdiri dari 54 JCH dan 1 petugas haji daerah. Mereka akan bergabung dengan jemaah dari Provinsi Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat," jelasnya.

 Lebih lanjut Mahyudin menyampaikan JCH Riau Kloter 4 BTH ini di Kota Makkah akan berada di sektor 2, wilayah Syisyah dengan nomor Maktab 10, nama Hotel Ya’qub Bek Al Quqandi.

 “Jemaah Riau akan diberangkatkan menggunakan penerbangan Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5063 pukul 12.45 Wib langsung menuju Madinah," katanya. Jamaah calon haji Riau ini diperkirakan kembali ke tanah air menggunakan penerbangan Saudi Arabian AirLines dengan nomor penerbangan SV 5088 pada tanggal 29 Juli 2022 pukul 12.30 WIB sampai di Batam, dan selanjutnya akan diterbangkan ke Pekanbaru.

Setelah memberangkatkan jemaah perdana, EHA Riau kembali menerima kedatangan JCH asal Kota Pekanbaru, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kampar, Sabtu (18/6) pagi. “Alhamdulillah setelah melepas JCH pertama, kami menerima jemaah dari dua kabupaten dan satu kota dengan jumlah jemaah, Kota Pekanbaru 7 orang, Kabupaten Inhu berjumlah 101 jemaah dan Kampar sebanyak 336 jemaah," paparnya.

Jamaah tersebut diterima di Aula kedatangan EHA Riau mulai pukul 09.00 WIB untuk selanjutnya dilakukan pengecekan kesehatan, pemasangan gelang identitas, pemberian living cost dan pemberian kunci kamar asrama.   “Jemaah akan beristirahat dahulu di kamar sampai waktu pelepasan di aula keberangkatan. Jemaah kloter 5 BTH berangkat menggunakan penerbangan Saudi Arabian AirLines dengan nomor penerbangan SV 5061 pada tanggal 19 Juni 2022 pukul 12.30 WIB dari Embarkasi Haji Batam," jelasnya.

 Haru Dilepas Kedua Orang Tua

Bila biasanya JCH dilepas anak-menantu atau cucu, tidak demikian dengan Mardailis. Dirinya dilepas kepergian ke tanah suci dengan haru oleh kedua orang tuanya. Suasana haru menyelimuti pelepasan keberangkatan JCH asal Pekanbaru dan Kampar yang berangkat pertama ke tanah suci. Ini menjadi momen yang sangat dinantikan.

Keberangkatan rombongan itu sempat dibuat “drama" oleh pandemi Covid-19 yang membuat ibadah wajib bagi yang mampu ini tertunda sampai dua tahun. Suasana haru ini juga menyelimuti keluarga Mardailis Dahlan. Rambut kepalanyanya memang sudah berangsur memutih. Tapi siapa sangka kedua orang tuanya masih sempat melepasnya berangkat ke tanah suci pada Sabtu (18/6). Berangkat bersama istrinya, Lona Nazwar, air mata tumpah membasai pipi keluarga besar H Dahlan pada pelepasan di Islamic Center Bangkinang itu.

Mardailis dengan mata berkaca-kaca memeluk kedua orang tuanya yang sudah lansia namun masih terlihat sehat tersebut. Kedua orang tuanya sudah lebih dulu menuaikan ibadah ke tanah suci. Kini giliran dirinya bersama sang istri dilepas oleh kedua orang mereka. "Alhamdulillah, insya Allah, kami  akan melaksanakan ibadah Haji ke Baitullah.

 Mohon  maaf atas kesalahan dan khilaf yang telah kami perbuat. Kami mohonkan  doa pada semuanya, semoga ibadah haji kami diterima Allah SWT,’’ ucap Mardailis yang juga diunduhnya ke media sosial. Mardailis yang akrab disapa Ontuo oleh sahabatnya di Kota Bangkinang ini berangkat pagi kemarin menuju Embarkasi Haji Antara Provinsi Riau di Pekanbaru. Selanjutnya, 54 JCH asal Kampar di mana Mardailis masuk dalam rombongan ini, akan bertolak ke Bandara Hang Nadim Batam pada Ahad (19/6) pagi ini, lalu menuju tanah suci setelah lebih dulu mendarat di Jeddah, Arab Saudi.
 

Pada saat yang hampir bersamaan, sebanyak tujuh JCH asal Kota Pekanbaru juga dilepas oleh sanak saudara di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pekanbaru. Pada kesempatan itu, Plt Kepala Kemenag Pekanbaru H Abdul Wahid kembali mengingatkan JCH agar selalu memperhatikan kesehatan selama di tanah suci. "Mari luruskan niat bahwa ini adalah panggilan untuk beribadah kepada Allah. Selalu jaga kesehatan sebelum dan sesudah berada di tanah suci, selalu gunakan masker, selalu bawa identitas dan dokumen di manapun berada. Selalu bawa air minum di tangan. Selalu cukup istirahat, cukup makan, agar kondisi tetap prima, sehat pergi, sehat juga pulang. Semoga semuanya pulang sebagai haji mabrur,’’ kata Wahid.

 Wahid menyebutkan, pelepasan kemarin lancar dan terorganisir dengan baik. Namun hajatan terbesar mereka justru baru akan dilaksanakan Senin (20/6). Pasalnya pada hari itu pihaknya akan melakukan pelepasan sebanyak 442 JCH asal Pekanbaru dalam satu hari pelaksanaan

 "Hari H kita besok (Senin, red), karena hari itu kita akan melakukan pelepasan sebanyak 442 JCH sekaligus, satu kloter, yang sudah kita bagi dalam tiga gelombang. Namun pengalaman kita, teknisnya saja kadang tiga gelombang, bisa-bisa nanti datangnya bersamaan. Maka kita benar-benar melakukan persiapan sebaik-baiknya, besok (hari ini, red) kita akan lakukan gladi resik lebih dulu,’’ tutup Wahid.  

 Kabag Kesra Pemkab Kampar Yurnalis melepas 390 jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Kampar 1443/2022 H di Mesjid Al-Ihsan Islamic Center Bangkinang Kota, Sabtu  (18/62022) pagi. Diantar sanak keluarga dan famili, JCH Kampar akan menuju Asrama Haji Antara Provinsi Riau di Pekanbaru. Mereka akan diberangkatkan Ahad subuh 19 Juni 2022 menuju Bandara Hang Nadim Batam yang tergabung dalam kelompok terbang 05 BTH.

Pelepasan JCH dihadiri Kabag Kesra Yurnalis, Kepala Dinas Kesehatan dr Zulhendra Das’at, Kabid P2P Hariyanto S KM dan tim, JCH Riau akan dibagi sebanyak VII Kloter untuk JCH Kampar dengan Kloter 04 dan Kloter 05. "Untuk Kabupaten Kampar menjadi 2  Kloter 04 berjumlah 54 JCH, sedangkan Kloter 05 berjumlah 336 JCH," ungkap Yurnalis. Kloter 04 gelombang 1 dijadwalkan berangkat dari Bandara SSK Pekanbaru 18 Juni 2022 pada pukul 06.00 WIB ke Bandara Hang Nadim Batam langsung berangkat ke Madinah.

Sedangkan Kloter 05 gelombang 2 dijadwalkan berangkat dari Bandara SSK Pekanbaru pada Ahad 19 Juni 2022 pukul 06:00 WIBi ke Bandara Hang Nadim Batam langsung berangkat ke Jeddah,"ungkap Yurnalis. Yurnalis menjelaskan, kewajiban  JCH melakukan ikhtiar-ikhtiar agar selalu dalam kondisi yang prima karena perjalanan ibadah haji memerlukan kesiapan fisik yang prima serta kesehatan mental yang sehat pula.



 "Kami berharap JCH  tetap optimis meskipun kita dalam situasi pandemi. Situasi darurat kita tetap bisa melaksanakan semaksimal mungkin segala kewajiban haji , rukun haji dan sunah-sunahnya seraya kita bertawakal kepada Allah SWT," jelasnya. Dari 390 JCH Kampar ini, ada 62 JCH dari ASN Kabupaten Kampar yang berangkat ke tanah suci. Tujuan  kegiatan ini diadakan untuk melepas JCH yang insya Allah akan berangkat ke Tanah  Suci. Selain itu, untuk mendoakan terhadap JCH agar mereka selalu diberi kesehatan dimudahkan dalam perjalanannya ke Tanah Suci. “Nantinya diharapkan bisa pulang kembali ke tanah air dengan mendapat predikat haji yang mabrur,"ungkap Yurnalis Yurnalis mengatakan JCH adalah orang orang pilihan untuk berangkat ke Tanah Suci, manfaatkan semaksimal mungkin kesempatan yang ada di tanah suci untuk menggapai ridho Allah SWT. Karena itu perbanyak berzikir.(sol/end/kom)
 

Sumber : RIAUPOS.CO

- Bertanjak -
Bertanjak
- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
UMKM Negeri Beradat
UMKM Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur

POPULER

Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan