Home Desa Rantau Binuang Sakti Pembukaan Jalan Baru 3 Km dari RBS Rohul ke Air Hitam Rohil Dikerjakan Secara Swadaya

Pembukaan Jalan Baru 3 Km dari RBS Rohul ke Air Hitam Rohil Dikerjakan Secara Swadaya

68
Pembukaan Jalan Baru 3 Km dari RBS Rohul ke Air Hitam Rohil Dikerjakan Secara Swadaya

Melalui swadaya, masyarakat Desa RBS, Kepenuhan, Rohul, selesai melakukan pembukaan jalan baru sekira 3 Km sampai ke Air Hitam.

Selasa, 8 September 2020 20:13
 
Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Pembangunan jalan baru sekira 3 kilometer antara Desa Rantau Binuang Sakti (RBS) Kecamatan Kepenuhan, Rokan Hulu (Rohul), sampai ke Kepenghuluan Air Hitam Kabupaten Rokan Hilir selesai dikerjakan.

Pengerjaan jalan baru sepanjang 3 Km dengan lebar 14 meter yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat tersebut turut melibatkan alat berat milik pengusaha tempatan.

Tahap demi tahap pembangunan jalan baru dari perbatasan Desa Rantau Binuang Sakti dilakukan oleh masyarakat. Akses ini disebut sampai pangkal jalan kampung Kepenghuluan Ulak Mahang Kecamatan Pujut, Rokan Hilir.

Masyarakat RBS mengatakan pengerjaan dilakukan selama dua hari, sejak Ahad lalu 6 September 2020 sampai Senin 7 September 2020.

Pembukaan jalan baru sendiri berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat antara Kepala Desa RBS dengan Kepenghuluan Air Hitam beserta masyarakat pada 27 Agustus 2020 di Desa RBS.

Kades RBS, Tamrin, menyatakan lahan untuk pembukaan jalan baru sepanjang 3 Km oleh masyarakat dihibahkan oleh masyarakat tanpa ada ganti rugi sama sekali.

"Kita sangat berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah melakukan kerja sama dalam mewujudkan pembukaan dan menyambung jalan ini, khususnya lagi kepada masyarakat yang lahan atau tanahnya dijadikan sebagai jalan umum dan semoga jadi amal ibadah," sampai Tamrin.

Selain itu, Tamrin juga berterima kasih kepada pengusaha bernama Eri yang ikut serta membantu dalam pembukaan jalan baru menghubungkan dua kabupaten tersebut.

Kades RBS menyebut, jalan baru ini merupakan jalan alternatif masyarakat menuju ke lokasi tempat kelahiran Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan Alkholidi Naqsabandi. Dimana, pada 1442 Hijriyah atau awal 2021 akan dilaksanakan acara hari kelahiran tuan guru yang kedua di Desa RBS.

"Jalan ini sangat berarti sebagai jalur alternatif dan mempersingkat jarak kaum family dari Rohil dan Langkat Sumut yang akan berziarah ke tanah kelahiran tuan guru," kata Tamrin.

Sementara, Tokoh Masyarakat RBS, KH. Syahril, menerangkan perencanaan pembukaan jalan baru ini, diakui Tamrin, sebenarnya sudah lama diagendakan, lebih kurang sepuluh tahun lalu oleh masyarakat dua daerah berbeda kabupaten ini, yaitu masyarakat Desa RBS dan Kepenghuluan Air Hitam.

"Sebab kedua masyarakat daerah ini masih ada ikatan keluarga dan kekerabatan," ujar Syahril.

Di lain tempat, Tokoh Pemuda Luhak Kepenuhan, Ismail bergelar Dt. Podano Montoi mengungkapkan batokallah walhamdulillah.

Ia juga sangat berterima kasih atas kepiawaian Kades dan masyarakat RBS serta Kepenghuluan dan masyarakat Air Hitam, sehingga pembukaan dan penyambung jalan baru bisa terlaksana dan selesai dikerjakan.

"Ini saya katakan sejarah dalam pengerjaan pembukaan jalan menghubungkan dua kabupaten. Tidak cukup sampai disini saja, banyak hal yang harus dikerjakan kedepan," ungkap Ismail.

Menurut mantan Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu ini, jalan alternatif ini sudah bisa dilalui masyarakat dan pengguna jalan lainnya, sehingga membuka keisolasian kedua daerah berbeda kabupaten di Provinsi Riau.

"Jalan sudah terbuka dan malahan sudah bisa dikatakan jalan ini menjadi jalan Provinsi Riau. Kita sangat berharap kepada Pemkab Rokan Hulu dan Pemprov Riau untuk bisa membantu dan mendukung serta melaksanakan program pengembangan jalan yang sudah dimulai pengerjaannya oleh masyarakat dengan swadaya ini," harapan besar Ismail.***(zal)

 

Sumber : Riauterkini

- Bertanjak -
Bertanjak
- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
UMKM Negeri Beradat
UMKM Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur

POPULER

Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan