Home Bumi Melayu HARI JADI KE-237 TAHUN PEKANBARU

HARI JADI KE-237 TAHUN PEKANBARU

46
HARI JADI KE-237 TAHUN PEKANBARU

Suasana puncak peringatan Hari Jadi Ke-237 Kota Pekanbaru dengan menerapkan prokes secara ketat di Perkantoran Tenayan, Pekanbaru, Rabu (23/6/2021). (HUMAS PEMKO/AGUSTIAR/RIAUPOS.CO)

Digelar Virtual, Momentum Keluar dari Krisis RIAU

Kamis, 24 Juni 2021 - 09:32 WIB
 

PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Masih berada dalam masa pandemi Covid-19, puncak peringatan Hari Jadi ke-237 Kota Pekanbaru digelar secara virtual, Rabu (23/6). Dipimpin langsung Wali Kota (Wako) Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, hari jadi diharapkan bisa menjadi momentum keluar dari krisis.

Puncak Hari Jadi Kota Pekanbaru tahun ini berlangsung di Perkantoran Tenayan Raya milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Tamu yang hadir terbatas. Di antaranya Wakil Wali Kota (Wawako) Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi dan Forkopimda Kota Pekanbaru serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Sementara itu, lurah dan camat mengikutinya melalui zoom meeting di kantor masing-masing. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemutaran video terkait perjalanan dan pembangunan 10 tahun kepemimpinan Firdaus-Ayat. Puncak perayaan hari jadi ditandai dengan pemotongan tumpeng.
 

Dalam rangkaian hari jadi ini, ada sejumlah kegiatan digelar seperti Kejuaraan Panahan Piala Wali Kota Pekanbaru. Panitia penyelenggara juga menggelar vaksinasi massal bagi 2.370 masyarakat di sekitar kantor Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya. Ada juga penanaman pohon di areal perkantoran. "Kegiatan perayaan hari jadi Kota Pekanbaru ini berlangsung secara virtual untuk menjaga protokol kesehatan secara ketat," kata Firdaus.
 

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas capaian pembangunan selama ini.  "Membangun daerah, pemerintah tidak bisa sendiri. Ini peranan bersama-sama dunia usaha masyarakat dan pemerintah," ungkapnya. Hari Jadi ke-237 Pekanbaru ini akan menjadi kali terakhir dipimpin Firdaus-Ayat.

Karena, keduanya segera memasuki tahu terakhir dalam 10 tahun kepemimpinan di ibukota Provinsi Riau ini.  Menurut Firdaus, peluang Pekanbaru terus berkembang akan dapat dicapai bila kerja sama antara umaroh dan ulama. Kemudian selalu bersinergi untuk berjuang bersama untuk merebut peluang dan tantangan yang ada.   "Bagaimana generasi kita mampu membawa negeri ini ke kelas dunia. Yang dapat berpeluang menjadi rangking empat dari tujuh negeri maju pada 2040. SDM unggul Indonesia maju. Semoga apa yang kita rencanakan ini dapat merebut peluang," ungkapnya.  

 Ia menyebut pemerintah hanya sebagai pendorong dalam sebuah pembangunan daerah. "Pelaku pembangunan adalah masyarakat itu sendiri. Terutama masyarakat dunia usaha," imbuhnya. Dia juga bersyukur meski saat  ini masih dalam masa pandemi Covid-19, peringatan hari jadi dapat digelar dengan lancar. "Semangat hari jadi kita jadikan kekuatan dalam menghadapi ujian dan tantangan dalam pandemi Covid-19 yang melahirkan krisis ekonomi dan kesehatan," tuturnya.

 

Dalam kondisi Covid-19 ini melahirkan nilai positif dan negatifnya. Untuk nilai positifnya, ujar Firdaus, masyarakat menjadi kreatif. Mau tidak mau masyarakat dipaksa berinteraksi dan menggunakan teknologi IT dalam kehidupan sehari-hari saat pandemi. Hal ini untuk menghindari tatap muka dalam pencegahan penyebaran virus.   "Dan Covid-19 kita tekadkan agar tidak menjadi penghalang dalam meraih cita-cita tersebut. Maka, semangat dan tekad agar menjadi dorongan masyarakat Pekanbaru agar giat lagi dalam membangun negeri mencapai kemajuan dan kesejahteraan," tegasnya.
 

Semangat dan tekad ini sambung dia penting  agar bersama mampu keluar dari krisis kesehatan dan krisis ekonomi. "Untuk itu, HUT Pekanbaru pada 23 Juni ini dijadikan motivasi dalam berjuang bersama agar keluar dari dua krisis tersebut," ujarnya. Kekuatan ekonomi kerakyatan kata dia digiatkan dengan membangun kekuatan ekonomi rumah tangga. Ekonomi kerakyatan terbangun jika pemerintah daerah dan pemerintah pusat bersinergi. 

"In sya Allah terbangun ekonomi yang dapat tumbuh 7 persen sebagaimana diharapkan pada tahun ini. Tentunya, kita harus bersama-sama bersinergi antara masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah dalam menggerakkan perekonomian," harapnya. Agar Pekanbaru keluar dari krisis ekonomi, selama pandemi Covid-19 ini protokol kesehatan juga harus dijalankan dengan disiplin yang tinggi.  "Di samping itu, vaksinasi harus disukseskan demi terbentuknya kekebalan komunitas," ujarnya.

Masih Banyak PR di Sisa Masa Jabatan

Kota Pekanbaru genap berusia 237 tahun, Rabu (23/6). Seperti tahun lalu, Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru kembali diperingati di tengah pandemi Covid-19. Meski dirayakan secara virtual dan protokol kesehatan ketat, tidak mengurangi maknanya. Di Hari Jadi Kota Bertuah itu, banyak pekerjaan rumah (PR) yang sampai saat ini belum terselesaikan.

Hal ini diminta agar dapat dimaksimalkan menjelang masa jabatan Firdaus-Ayat Cahyadi berakhir. DPRD Kota Pekanbaru menegaskan siap membantu untuk itu. Ini terungkap dalam rapat paripurna Hari Jadi Kota Pekanbaru yang digelar di DPRD Pekanbaru, Rabu (23/6). Rapat dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani, didampingi tiga wakil ketua, Ginda Burnama, Tengku Azwendi Fajri, dan Nofrizal. Sementara Pemko diwakili Asisten I Azwan, karena Wali Kota Firdaus dan sejumlah pejabat Pemko mengikuti secara virtual dari Perkantoran Tenayan Raya. Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar juga mengikuti paripurna ini lewat virtual. Dia mengucapkan tahniah untuk bertambahnya usia Pekanbaru sebagai ibukota Riau supaya dapat bersama-sama provinsi melawan virus corona yang saat ini sudah dua tahun terjadi.

 "Meski helatnya dirayakan secara sederhana, tapi tidak mengurangi makna dan arti sebuah peringatan. Kami senantiasa berupaya menggerakkan program pembangunan dalam situasi sulit ini untuk Pekanbaru dan kabupaten/kota lainnya," ujar Gubri dalam sambutannya. Meski situasi dan kondisi pandemi Covid-19, Gubri meminta harus tetap optimistis dan harus yakin mampu melewati masa sulit ini bersama-sama.

 "Mari kita berdoa kepada Allah SWT supaya pandemi Covid-19 ini segera berlalu," tutur Gubri. Ini sejalan dengan tema yang diangkat, Bangkit Menghadapi Pandemi Covid-19 Bersinergi Membangun Smart City Madani untuk Indonesia Maju.

"Dengan keterbatasan gerak di tengah pandemi ini tidak menjadikan aktivitas roda pemerintahan dan pembangunan masyarakat menurun. Namun harus mampu menyelesaikan permasalahan dengan kemajuan teknologi," katanya. Oleh karena itu, Pemprov Riau sangat mendukung upaya yang sudah dilakukan Pemko Pekanbaru dalam memajukan Pekanbaru di bawah kepemimpinan Firdaus-Ayat.  "Saya juga mengajak seluruh kabupaten/kota dan pemangku kepentingan untuk selalu bersinergi dalam upaya memberantas penyebaran Covid ini," ujarnya. Asisten I Azwan menyampaikan, adanya dua tempat peringatan di DPRD dan Perkantoran Tenayan, dilakukan karena untuk menghindari kerumunan yang dapat menimbulkan klaster baru penyebaran Covid.

"Harusnya Pak Wali yang menyampaikan sambutannya dari Perkantoran Tenayan. Karena ada masalah pada sound, maka saya yang mewakili sesuai arahan Pak Wali," tutur Azwan. Dikatakan Azwan lagi, untuk peringatan Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru ini tentu memiliki makna yang sangat berarti. Sebab, ini merupakan peringatan hari jadi Pekanbaru yang terakhir setelah dua periode memimpin. "Harapannya tentu menjadikan Pekanbaru sebagai The Capital City of Sumatera, seperti yang sudah ditegaskan pada HUT Pekanbaru sebelumnya.

Dan ini merupakan harapan Presiden yang disampaikan langsung Mendagri lewat virtual pada upacara di Kantor Tenayan," tambah Azwan. Sementara itu Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani mengatakan, di Hari Jadi ke-237 tahun Pekanbaru ini, dirinya mengapresiasi kinerja Firdaus-Ayat yang sudah membuat banyak perubahan. Ada beberapa PR yang diminta dapat diselesaikan jelang masa jabatan berakhir tahun depan. Dan ini merupakan masalah dari tahun ke tahun yang tak kunjung dapat diselesaikan. Seperti banjir, sampah, dan juga masalah infrastruktur lainnya. "Tentu dari PR ini dapat dimaksimalkan penyelesaiannya jelang masa jabatan habis. Kami di DPRD siap membantu menyelesaikan lewat politik anggaran pada dua kali APBD lagi," tuturnya.(ali/gus)

Sumber: www.riaupos.jawapos.com  
 
 

- Bertanjak -
Bertanjak
- Pucuk Suku Nan Sepuluh -
Banner Pucuk Suku Nan Sepuluh
- Makna dan Arti Logo -
Banner makna Logo luhak kepenuhan
UMKM Negeri Beradat
UMKM Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
KAI Negeri Beradat
Gssb
Banner gssb
Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
New Poster Luhak Kepenuhan Beradat
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Ismail Datuk Montoi
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Petuah Ketua LAM Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Banner Petuah Ketua Lam Rohul
Sambutan Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Banner Ketua LKA Kepenuhan
Sekapur Sirih Mamak Sutan Kayo Moah
Banner Sekapur Sirih
Banner Sekapur Sirih
Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Banner Buku Luhak Kepenuhan Negeri Beradat
Add
Banner ADD
Banner ADD
One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Banner One Day One Juz
Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur
Banner Rumah Tahfidz Kepenuhan Timur

POPULER

Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Gerakan Negeri Beradat
Banner Buku Super Quotion
Banner Buku Super Quotion
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner Lam Kabupaten ROkan Hulu
Banner LKA Kepenuhan
Banner LKA Kepenuhan